27 Tips Membuat Konten Pemasaran yang Keren - Sandayshie

Senin, 20 April 2020

27 Tips Membuat Konten Pemasaran yang Keren

Tahukah Kamu, Apa Itu Konten Marketing?

Konten Marketing merupakan sebuah Strategi Pemasaran Digital di mana kita sebagai pelaku bisnis dapat membuat, merencanakan, dan mendistribusikan sebuah konten menarik dan tepat sasaran yang mampu menarik minat konsumen baru untuk lebih mengenal perihal Bisnis Anda. Strategi Pemasaran Digital amat penting dilakukan dan dikuasai demi menunjang keberlangsungan hidup suatu usaha yang digeluti. Di era digital seperti sekarang ini, adanya sebuah konten akan sangat membantu  karena memberikan sebuah informasi yang dicari ataupun dipertanyakan. Tak bisa dielak lagi, bahwasanya sebuah konten di era sekarang ini menjadi trend karena hampir setiap harinya masyarakat mencari konten demi memuaskan apa yang mereka cari (saya pun juga demikian, hehehe). Konten bisa bermacam-macam variasi, dari mulai konten tentang bisnis, edukasi, atau pun yang lain dan bisa didapatkan di internet. Banyak beragam persoalan dan pertanyaan yang bisa dipecahkan dan dijawab dengan adanya konten. Belum lagi konten yang dari hari ke hari semakin dibuat apik dan menarik oleh para marketer. Dengan demikian, dapat dikatakan kalau sebagian masyarakat sangat bergantung dengan konten karena memang konten bisa memberikan beragam manfaat dan fungsi yang berbeda-beda.  

 27 Ide Konten yang Menakjubkan Untuk Membuat Bisnis Anda Lebih Dikenal

1. Kutipan

Buat sebuah Kutipan yang menarik agar mudah dilirik. Tentu saja sebuah kutipan inspirasional yang relevan berkaitan dengan merek Anda. Hal ini ditujukan untuk mengenalkan merek kepada khalayak umum agar lebih dikenal dan mudah diingat.

2. Pertanyaan

Update, seperti posting atau membuat status di sebuah sosial media dengan “PERTANYAAN” merupakan salah satu cara yang bagus untuk membuat pengikut Anda tergerak dan terlibat dalam percakapan. Hal ini bisa dimanfaatkan agar lebih dekat dengan para pengikut dan menarik hati mereka.

3. Testimoni

Salah satu cara yang bagus berikutnya adalah dengan membuat Testimoni. Testimoni perihal kepuasaan dari klien dan pelanggan sebelumnya yang baik akan sangat membantu dan membuat calon klien berpikir ulang terhadap produk/layanan Anda, karena klien merasa hal itu sebagai bukti atau hasil yang bisa dipertanggungjawabkan. Klien butuh bukti dan adanya testimoni membuat mereka semakin yakin dan percaya akan keunggulan merek, produk/layanan dari Anda.

4. Artikel

Postinglah sebuah Artikel yang relevan dengan Bisnis Anda dan masalah-masalah yang Anda dapat pecahkan. Dengan demikian akan membuat ingin melihat dan rasa  ingin tahu yang begitu besar.

5. Q&A (Tanya jawab)

Langkah yang bisa Anda coba berikutnya adalah dengan mengadakan Q&A (Tanya jawab). Dengan adanya tanya Jawab sangat memungkinkan pengikut Anda mengirimkan pertanyaan tentang Bisnis Anda. Adanya interaksi akan membuat pengikut semakin penasaran dan tergerak untuk bertanya-tanya tentang bisnis Anda.

6. Event (Acara)

Adanya Event dapat memperdalam tujuan dan harapan untuk saling bertukar informasi, mendapatkan pengalaman dan mengenal lebih jauh. Jika Anda membuat sebuah Events atau hadir di acara tersebut, hendaklah mempostingnya agar pengikut Anda dapat melihatnya. Akan sangat bermanfaat bagi Anda karena itu bisa menjadi sebuah umpan baik dan pertimbangan terhadap bisnis Anda yang positif.

7. Behind The Scene (Di Belakang Layar)

Tahukah Anda, apa maksud di belakang layar? Ya, Di belakang layar di sini dimaksudkan untuk memberikan sebuah kesempatan kepada para pengikut untuk melihat di mana letak keajaiban yang terjadi andai mereka memilih produk/layanan yang Anda berikan.

8. Interviewes (Wawancara)

Lakukan sebuah wawancara dengan seseorang di industri Anda dan mempostingnya agar mereka melihat dan mengetahui. Hal ini bisa dijadikan sebagai suatu pancingan atau umpan balik yang positif bagi bisnis Anda.

9. Offers (Penawaran)

Berikan sebuah penawaran yang menarik dan postinglah di media sosial yang dapat digunakan oleh para pengikut. Penawaran yang menarik berguna bagi Anda sebagai upaya untuk mengenalkan bisnis dan memberikan rangsangan (dorongan dan sebagainya) pada para pengikut Anda.

10. How To ... (Bagaimana Caranya)

Perlihatkah bagaimana cara menggunakan produk atau layanan Anda kepada para pengikut. Cara semacam ini biasanya akan mendapat tanggapan dari para pengikut Anda. Manfaatkanlah sebaik-baiknya untuk melakukan interaksi dengan mereka.

11. Challenge (Tantangan)

Buat sebuah tantangan yang menantang bagi para pengikut, misalnya posting dalam beberapa hari kedepan. Postingan yang menantang dari para pengikut untuk berbagai sesuatu dengan Anda bisa memberikan informasi tentang seberapa besar pengikut berpihak pada Anda.

12. Kompetisi

Menyelenggarakan Kompetisi, contohnya, seperti memposting tentang beberapa hal seiring waktu akan sangat mendorng adanya sebuah partisipasi.

13. Pemilihan


Adakan sebuah pemilihan/polling. Keluarkan jejak pendapat mengenai produk/layanan baru yang akan ditawarkan.

14. Call To Action

Buat sebuah Call To Action. Misanya minta pengikut Anda untuk melakukan atau mengikuti sesuatu instruksi. Klik tautan ini, daftar hari ini, dan sebagainya.

15. Goals (Tujuan)

Buat sebuah tujuan dan bagikan tujuan pribadi atau bisnis yang ingin Anda capai.

16. Product (Produk)

Jika ingin dilihat, diketahui, dan dikenal, hal pertama yang ada dalam pikiran adalah menunjukkan. Untuk itu perlihatkan foto produk favorit Anda agar lebih dikenal oleh pengikut. Sertakan gambar, tulisan, dan sedikit kalimat pengajak yang bagus dan menarik. 

17. Other Links

Bagikan sebuah link / tautan ke akun media sosial apa saja yang Anda pergunakan.

18. Website

Buatlah sebuah postingan yang ditautkan ke situs web Anda dengan penawaran ekslusif akun untuk pengikut.

19. Giveaways

Buat Giveaways dari sebuah kontes yang dibagikan. Hal ini akan membuat pengikut berbagi dengan teman-teman mereka dan begitu seterusnya, sehingga membuat peluang lebih besar.

20. Infografis

Buat Infografis indah yang mana bisa membantu memberikan sebuah informasi yang terlihat menarik dan banyak peminatnya.

21. Fakta

Bagikan sebuah fakta menarik atau menyenangkan seputar produk Anda, kisah Anda dan sebagainya.

22. Influencer

Utus sebuah Influencer untuk produk Anda dan minta mereka memberi tag dan membagikannya. Hal ini sangat efektif untuk dilakukan karena seorang influencer yang membagikannya.

23. News (Berita)

Temukan artikel-artikel yang relevan dan bagikan.

24. Video

Posting sebuah perihal produk/layanan Anda agar diketahui dan dikenal oleh banyak orang.

25. Feedback (Umpan Balik)

Buatlkah sebuah Feedback, tanyakan tentang bagaimana pendapat orang lain mengenai penawaran desain, layanan baru atau produk Anda.

26. Bumerang.

Buat Video Boomerang Lucu dan bagikan, karena boomerang saat ini bisa dikatakan lagi musimnya. hehe

27. Sorotan Amal.

Bagikan kepada Anda informasi pengikut kami tentang amal yang Anda dukung dan mengapa Anda memilih untuk mendukung dan mengapa Anda memilih untuk mendukung mereka.

Ketahui Beberapa Hal Berikut, Agar  Konten yang dibagikan Melejit


Jika kita ingin memulai rencana dalam membuat konten marketing, pastikan untuk mengetahui seluk beluk atau hal-hal yang bisa dijadikan sebagai pendukung demi suksesnya konten yang Anda buat tersebut seperti Menciptakan Sesuatu yang Menarik dan Banyak Diminati, Buat Konten Dengan Gambar yang Menarik dan Tulisan yang Jelas, Ketahui Siapa Pangsa Kita Agar Lebih Mudah Dalam Membuat Ide Konten Yang Sesuai Dengan Target, Lakukan Riset Sebelum Aksi Demi Meminimalisir Hal-hal yang Tidak Diinginkan. Adapun Akan Saya Tulis Beberapa Hal yang harus Anda lakukan Agar Konten marketing Sukses adalah: 

  •        Kenali Target Anda. Pasar Sasaran dan Audiensi yang Anda Bidik

Sebelum membuat sebuah konten, hal yang bisa Anda lakukan adalah ketahui siapa pasar sasaran dan audiensi Anda. Karena target pasar dan audiensi berbeda tiap kelompok atau golongan. Dengan mengetahui siapa target kita, membuat konten yang dibuat bisa tepat sasaran dan dinikmati oleh audiens yang dituju. Di masa sekarang ini, pemanfaata media sosial sangat membantu dalam hal mendistribusikan konten bisnis Anda. Sebut saja sebagai contoh adalah Instagram. Instagram dapat merekam data audiens yang melakukan aktivitas di akun Anda. Selain itu Instagram sebagai saah satu media sosia yang mempunya tools untuk melihat antara pengguna yang aktif dan tidak aktif yang mendatangi akun Anda. Dengan informasi tersebut, Anda dapat memetakan konsumen potensial di masa sekarang dan mendatang agar bisa membuat konten yang sesuai dengan kesukaan mereka.

  • Ketahui Karakteristik Audiens Sasaran dan Cari Tahu Bentuk-Bentuk Konten yang sesuai dengan Mereka
Harap diperhatikan bagi para pelaku bisnis jika ingin membuat konten, karena harus mengetahui sifat atau karakteristik dari sasaran yang kita bidik. Apakah dalam bentuk audio-visual, audio, ataukah konten interaktif? Cari tahu juga mengenai informasi perihal konten yang telah Anda buat, apakah selama ini apa yang anda bagkan telah mampu menjawab kebutuhan dari para sasaran Anda? Untuk mengetahui perihal info tersebut, Anda bisa menggunakan polling.
  • Update Seputar informasi Terbaru dari Lini Masa yang Sedang Ramai dibicarakan
Jangan lelah untuk selalu mencari apa yang dicari walau terkadang sulit dan melelahkan pun butuh adanya kesabaran juga semangat tinggi. Mencari informasi terbaru dari Lini Masa yang sedang hangat dan ramai dibicarakan akan sangat membantu Anda, karena informasi yang trend lebih mudah dilirik dan disukai. Namun carilah informasi dari sumber-sumber yang bisa dipercaya atau Anda yakin itu benar dan bukan sekedar hoaks, karena mencari informasi memang terkesan sepele dan mudah dan karenanya sering disepelekan namun jika salah akan menjadi suatu masalah dan menyesatkan tentunya. Jadi berhati-hatilah dalam mencari informasi. 
  • Ketahui Waktu Terbaik Posting di Media Sosial Untuk Hasil yang Maksimal
Anda Sudah membuat Konten? Nah, sekarang saatnya untuk mempostingnya. Namun, ada hal yang harus diingat, jika posting di media sosial ada waktu-waktu terbaik dan berbeda di tiap platform media sosial. Jadi, sebaiknya cari dan ingat waktu yang tepat dan jangan sampai lupa ya...?!
dari beberapa sumber yang saya dapatkan waktu-waktu terbaik untuk posting di media sosial adalah sebagai berikut:
Facebook: Jam 1 - 4 Sore
Instagram: Jam 5 - 6 sore 
Pinterest: Jam 2 - 4 Sore dan Jam 8-1 Siang
Google+ : Jam 9 - 11 Siang
Twitter: Jam 1 - 3 Sore




Share with your friends

Give us your opinion